Home » » Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh, Mesjid Termegah di Pantai Barat

Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh, Mesjid Termegah di Pantai Barat

Posted by CB Blogger


       
        MboZone - Masjid Agung Baitul Makmur merupakan salah satu masjid yang terbesar dan termegah di wilayah Pantai Barat Aceh. Letaknya sangat strategis karena berada di persimpangan yang membelah beberapa kabupaten.Bagian timur masjid terletak di persimpangan Kabupaten Nagan Raya dan Aceh Barat Daya, masing-masing menuju Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Aceh Selatan atau Singkil. Di sebelah barat terdapat persimpangan Aceh Jaya menuju Banda Aceh, sementara di bagian selatan diapit Lautan Hindia dengan pelabuhan kota Meulaboh menuju Kabupaten Simeulu.Bangunan masjid tampak sangat menonjol dengan gaya arsitektur perpaduan Timur Tengah, Asia, dan Aceh serta pemilihan warna cokelat cerah yang dikombinasikan dengan warna merah bata di kubah masjid. Ciri khas masjid yang dapat dilihat secara kasatmata adalah tiga kubah utama yang diapit dua kubah menara air berukuran lebih kecil. Bentuk kepala semua kubah sama, yakni bulat berujung lancip, khas paduan arsitektur Timur Tengah dan Asia.



          Masjid juga akan dilengkapi dua menara baru yang hingga tulisan ini diturunkan masih dalam tahap penyelesaian. Menara tersebut akan membuat masjid terlihat semakin megah dan dapat berfungsi sebagai landmark wilayah setempat. Pintu gerbang masjid pun merupakan keistimewaan tersendiri. Gerbang yang berdiri sendiri dengan jarak beberapa meter dari masjid ini terlihat sangat anggun. Gerbang ini seakan-akan menegaskan bahwa siapa pun yang memasuki gerbang akan menjumpai pemandangan yang sangat indah.

          Di dalam masjid terlihat dua konsep ruang yang berbeda. Pertama, pengunjung disambut oleh ruangan yang memiliki banyak tiang penyangga lantai dua sebagai mezzanine. Di bagian tengah terdapat ruang lapang yang terasa sangat lega dengan ornamen lampu hias tepat di tengahnya.
Inspirasi gaya arsitektur Timur Tengah juga terlihat dari bentuk mihrab. Mihrab yang terlihat sangat indah ini didominasi warna cokelat dan nuansa keemasan khas material perunggu dengan ornamen khas Islam. Kesan mewah dan sejuk langsung terasa saat menatapnya.
Selain sebagai tempat ibadah, masjid memiliki fungsi pendidikan. Fungsi ini diwakilkan oleh keberadaan Madrasah Tsanawiyah, Ibtidaiyyah, Dinniyyah, TK Al-Quran, dan TPQ di lokasi masjid. Eksistensi Masjid Baitul Makmur di tengah masyarakat Meulaboh yang religius pun semakin kuat.
Kombinasi antara keluasan bangunan dan keindahan arsitektur yang membentuk satu struktur kemegahan telah menjadikan Masjid Baitul Makmur sebagai salah satu masjid terelok di Indonesia.


0 komentar:

Posting Komentar